Tuesday, November 27, 2007

Womens



Gadis Sunda


Gadis sunda sering disebut juga “Gadis Priangan” atau Mojang Priangan dalam bahasa Sunda. Priangan sebutan untuk kota Bandung yang berarti kota yang penuh keriangan atau keramahan masyarakatnya.

Gadis Priangan atau Gadis Bandung terkenal dengan keramahan dan kecantikannya, ini sebagai tolok ukur budaya Gadis Sunda. Dengan topografis kota Bandung yang dikelilingi banyak gunung menjadikan udara disekitarnya menjadi sejuk dan asri hal ini sangat berpengaruh pada pola kehidupan masyarakatnya.

Barangkali pola kehidupan inilah yang bisa menelorkan type-type keterununan yang lebih baik dan berkualitas.

Sejak jaman dahulu Gadis Sunda terkenal dengan kesantunannya, penurut dan agamis tak heran banyak pria dari daerah lain sering berburu cinta dikota ini. ( itu jaman dulu…..! )

Bila ada yang cocok tinggal datang meminang ke orang tuannya dan sigadispun bisa disunting ( itu jaman duluu……!!!)

Artinya bukan segampang itu si pria bisa memboyong sang Gadis tetapi harus melalui seleksi calon mertua dulu , bila lulus ….. dapat hadiah, kalo gagal ya pulang dengan tangan hampa………..

Dalam istilah Gadis Sunda dalam mencari jodoh ada femeo “Dulang Tinande” artinya gimana orang tua saja, menurut orang tua bagus ya si Gadis ikut saja masalah cinta nanti juga ngikutin……( itu jaman duluuuu..!!!!)

Sepertinya kita rindu dengan cerita-cerita masa lalu yang penuh dengan adat budaya yang amat tinggi nialinya tersebut seperti cerita Gadis Sunda yang apabila kita amati saat ini hampir bergeser 180 derajat dari cerita-cerita masa lalu……

Apakah pergeseran itu ke arah yang lebih baik atau sebaliknya …..?

No comments: